Selasa, 26 Januari 2016

Www.DealerPulsa.web.id - Mitra Depaler Pulsa.web.id sekalian, Masyarakat dihebohkan dengan munculnya isu 'bonus' listrik dari PT PLN (Persero).

Isi dari kabar heboh tersebut adalah "Untuk pengguna meteran listrik prabayar, bisa dapat bonus listrik, caranya masuk ke http://layanan.pln.co.id/infoprepaid. Lalu masukkan CostumerID atau No.Meteran. Nanti di bagian kwh Non Tunai akan muncul nomor token pln . Masukin aja ke meteran," tulis berita heboh tersebut.

Yang benar adalah bukan 'bonus' listrik melainkan kompensasi dari PLN, yaitu biaya pengganti atas TMP PLN yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan.


Ternyata, soal 'bonus' listrik ini sudah ada sejak lama, namun tidak ada pemberitahuan resmi dari PLN. Apa komentar PLN?

"Itu dari dulu ada, bukan bonus tapi kompensasi," ujar Kepala Divisi Niaga Perusahaan Listrik Negara (PLN), Benny Marbun kepada detikFinance, Rabu (5/1/2015).

Kok tidak ada pengumuman resmi dari PLN?

"Isu soal bonus listrik ada di website PLN, sebenarnya itu fasilitas informasi yang disediakan PLN sebagai bagian keterbukaan kepada konsumen. Itu link dari website PLN: www.pln.co.id," kata Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi menambahkan.

Menurutnya, melalui website tersebut sebenarnya sudah terinfokan secara resmi. Agung mengatakan, masyarakat bisa langsung mengakses website tersebut untuk mengetahui soal 'bonus' listrik.

Dia menjelaskan, setelah masuk ke website PLN, klik PELANGGAN, setelah itu klik RIWAYAT PREPAID PELANGGAN. Maka akan tersedia fasilitas online bagi konsumen untuk mengetahui token listrik yang sudah pernah dibeli konsumen.

Nah di bagian bawah, ada info token yang bukan karena pembelian oleh konsumen (ditulis: non taglis atau non tagihan listrik). Info inilah yang dimaksud si penyebar informasi itu.

Info ini bukan rahasia, bahkan memang info ini disiapkan PLN bagi konsumen. Jadi, fasilitas website ini disediakan PLN untuk memudahkan konsumen untuk mengetahui riwayat pembelian tokennya.

Ada 2 bagian:

  • Bagian atas: riwayat pembelian token,
  • Bagian bawah: riwayat token non taglis
"Kalau pernah beli token pln murah, lalu hilang sebelum diinput ke meter, maka konsumen bisa check lewat website atau bertanya ke Contact Center 123.
Bagian info token non taglis umumnya disediakan untuk menginformasikan angka token bila konsumen prabayar mendapat kompensasi atas buruknya pelayanan PLN," terang Agung.

Pelayanan PLN diukur dari beberapa indikator, antara lain: Jumlah Gangguan per pelanggan per bulan, Lama Gangguan per pelanggan per bulan.

Bila realisasi pelayanan yang dirasakan pelanggan lebih buruk dari Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) yang dijanjikan PLN, maka pelanggan itu mendapat kompensasi sekian rupiah yang dikonversi menjadi sekian kilo Watt hour (kWh).

"Nah kWh ini akan muncul di struk kalau pelanggan membeli token berikutnya. Kalau pelanggan terlupa token kompensasi TMP ini, jangan khawatir, bisa dilihat melalui website PLN seperti yang tadi saya jelaskan," kata Agung.

Baca Juga : Agen Token Listrik Termurah 2016
Diberdayakan oleh Blogger.